Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungannya dalam memenuhi hidupnya. (Sugihartono, dkk. 2007)
Belajar sebagai perubahan yang relatif permanen karena adanya pengalaman. (Santrock dan Yussen, 1994)
Belajar sebagai satu proses memperoleh pengetahuan. Di samping itu belajar sebagai perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat. (Reber, 1988)
Dari berbagai devinisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Belajar merupakan suatu proses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam wujud perubahan tingkah laku dan kemampuan bereaksi yang relatif permanen atau menetap karena adanya interaksi individu dengan lingkungannya.
(Sugihartono, dkk. 2007)
Pembelajaran
Pembelajaran merupakan setiap upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kegiatan belajar. Devinisi ini dikemukakan oleh Sudjana (2000).
Pembelajaran sebagai usaha untuk menciptakan sistem lingkungan yang mengoptimalkan kegiatan belajar. (Gulo, 2004)
Pembelajaran sebagai suatu aktifitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar. Lingkungan dalam pengertian ini tidak hanya ruang belajar, tetapi juga meliputi guru, alat peraga, perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya yang relevan dengan kegiatan belajar siswa.(Naasution, 2005)
Sumber dari Psikologi Pendidikan hlm. 74 dan 80, oleh Sugihartono dkk.
Catatan pribadi untuk diabadikan sebagai refrensi.
Belajar sebagai perubahan yang relatif permanen karena adanya pengalaman. (Santrock dan Yussen, 1994)
Belajar sebagai satu proses memperoleh pengetahuan. Di samping itu belajar sebagai perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat. (Reber, 1988)
Dari berbagai devinisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Belajar merupakan suatu proses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam wujud perubahan tingkah laku dan kemampuan bereaksi yang relatif permanen atau menetap karena adanya interaksi individu dengan lingkungannya.
(Sugihartono, dkk. 2007)
Pembelajaran
Pembelajaran merupakan setiap upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kegiatan belajar. Devinisi ini dikemukakan oleh Sudjana (2000).
Pembelajaran sebagai usaha untuk menciptakan sistem lingkungan yang mengoptimalkan kegiatan belajar. (Gulo, 2004)
Pembelajaran sebagai suatu aktifitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar. Lingkungan dalam pengertian ini tidak hanya ruang belajar, tetapi juga meliputi guru, alat peraga, perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya yang relevan dengan kegiatan belajar siswa.(Naasution, 2005)
Sumber dari Psikologi Pendidikan hlm. 74 dan 80, oleh Sugihartono dkk.
Catatan pribadi untuk diabadikan sebagai refrensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar